Featured Video

News Update :
Home » » Husni, Mengabdikan Diri sebagai Guru Ngaji

Husni, Mengabdikan Diri sebagai Guru Ngaji

Thursday, September 1, 2011 11:05 AM

SOROTAN matanya yang tajam namun tutur bahasa yang lembut, membuat semua orang termasuk para santri yang belajar di Dayah Pesantren Tradisional Darul Muta’alimin di Desa Nigan, Kecamatan Seunagan, Kabupaten Nagan Raya ini sangat disenangi dan disegani.

Betapa tidak, sejak tiba di wilayah itu pada tahun 1998 lalu, pria yang akrab disapa Tgk Husni yang datang bersama gurunya (alm) Tgk Mawardi Ubit (Abon) dan sejumlah santri lainnya dari Bireuen ini sangat giat belajar ilmu agama bahkan berbagai kitab sekalipun.  Alhasil, kini ia berhasil menjadi seorang guru di dayah tradisional dan telah berhasil mendidik santri ratusan orang sejak sepuluh tahun terakhir.

Dalam wawancara singkatnya dengan Serambi, Jumat (5/8) lalu Tgk M Husni mengaku ia sengaja mengabdikan diri untuk menjadi guru di Ponpes Darul Muta’alimin di Desa Nigan, Kecamatan Seunagan, Kabupaten Nagan Raya ini sebagai bentuk tanggungjawabnya dan rasa cintanya kepada agama Islam.

Karena menurutnya, dengan mengabdi pesantren, akan lebih banyak mendapatkan amalan serta ilmu pengetahuan yang diperoleh dengan menyebarkan ilmu agama. “Saya hanya ingin menjadi seorang guru agama di pesantren, karena hal ini termasuk cita-cita dan keinginan saya untuk terus menimba ilmu agama di dayah,” katanya.

Menurutnya, selama mengajar di berbagai jenjang pendidikan di pondok pesantren seperti di tingkat Ibtidayah (MI), Tsanawiyah (MTs), dan Aliyah (MA) telah banyak ilmu yang dia ajarkan. Mulai dari mengajar mengaji, kitab kuning, hingga mengajar ilmu fiqh sekalipun.

Soal jerih terhadap pekerjaannya itu, Tgk M Husni tak begitu mempersoalkan. Baginya mengajar para santri itu lebih baik dan mulia. Meski belum menorehkan prestasi, namun ia bangga dengan pengabdiannya sebagai seorang guru, karena santri yang ia didik itu berhasil meraih berbagai juara dalam berbagai perlombaan bidang.(dedi iskandar) 

Sumber: Serambi Indonesia
YOU MIGHT ALSO LIKE

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright IKNR News 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.