Featured Video

News Update :
Home » » Ketua MPU Nagan Raya: Tingkatkan Hasil Padi dengan Bersyukur

Ketua MPU Nagan Raya: Tingkatkan Hasil Padi dengan Bersyukur

Thursday, September 1, 2011 1:45 PM

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh melaksanakan Workshop pada lokasi Demfarm Model Pengembangan Pertanian Perdesaan Melalui Inovasi (M-P3MI) yang dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama di Desa Lueng Baro Kecamatan Suka Makmue Nagan Raya, Selasa (23/8). Acara buka puasa tersebut ikut dihadiri Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) selaku penceramah tunggal, Kepala BPP dan para PPL serta tokoh masyarakat setempat.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa masyarakat Aceh sangat religius dalam kehidupan beragama. Untuk itu, diperlukan pendekatan keagamaan yang merupakan salah satu hal penting untuk melakukan perubahan perilaku masyarakat tani.

Ir. Basri A. Bakar, M.Si selaku Penanggung Jawab Kegiatan M-P3MI mengatakan bahwa program workshop yang dikemas dalam agenda Safari Ramadhan bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada petani agar mereka menjadi tau, mau dan mampu mengadopsi teknologi. Sehingga pembangunan pertanian yang ditargetkan pemerintah dapat tercapai. Ia juga menambahkan masyarakat akan cepat tanggap jika sesuatu pembaharuan dilakukan dengan metode Multichanel seperti pendekatan keagamaan lewat ceramah agama, mimbar masjid, dan Syiar Ramadhan.

Di sisi lain menurut  Ketua MPU Tgk. Muhammad Khalid yang juga Pimpinan Pondok Pesantren Darul Muta’alimin Kec. Seunagan yang akrab disapa Abu Lot   berharap kepada Dinas instansi terkait harus bisa saling bekerjasama bahu membahu untuk memberikan pengawasan  pada kegiatan Demfarm. Ia mengatakan bahwa dalam upaya meningkatkan inovasi para petani dalam mengadopsi tekologi harus selalu memperhatikan pendekatan secara persuasif.

Pahala yang terus Mengalir
Dalam ceramahnya, Abu Lot menceritakan tentang makna memberikan makanan berbuka kepada orang yang berpuasa dan kewajiban bersyukur manusia kepada Allah. Dengan bersyukur Allah SWT akan menambahkan rezeki tanpa kita duga darimana datangnya.
Bersyukur (berterima kasih), kepada sesama manusia lebih cenderung kepada menunjukkan perasaan senang menghargai. Adapun bersyukur kepada Allah lebih cenderung kepada pengakuan bahwa semua kenikmatan adalah pemberian dari Allah. Inilah yang disebut sebagai syukur.
Bersyukur kepada Allah adalah salah satu konsep yang secara prinsip ditegaskan di dalam Al-Qur'an pada hampir 70 ayat. Perumpamaan dari orang yang bersyukur dan kufur diberikan dan keadaan mereka di akhirat digambarkan. Alasan kenapa begitu pentingnya bersyukur kepada Allah adalah fungsinya sebagai indikator keimanan dan pengakuan atas keesaan Allah.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa bulan Ramadhan benar-benar kesempatan terbaik untuk beramal. Bulan Ramadhan adalah kesempatan menuai pahala melimpah. Banyak amalan yang bisa dilakukan saat ini agar menuai ganjaran yang luar biasa. “Dengan memberi sesuap nasi, secangkir teh, secuil kurma atau snack yang menggiurkan, itu pun bisa menjadi ladang pahala. Maka sudah sepantasnya kesempatan tersebut tidak terlewatkan” ujarnya.

Kewajiban dalam bercocok tanam dan kaitannya terhadap pertumbuhan padi menurutnya harus ada 3 syarat yang harus dipenuhi dan merupakan yang utama yaitu: bibit unggul, pengairan dan pemupukan. Jika itu saja maka padi yang dihasilkan hanya 3-4 ton/ha, tetapi jika kita mengendalikan gulma serta hama dan penyakit tentu hasilnya akan lebih meningkat minimal mencapai 7-8 ton/ha, sehingga petani mampu untuk menunaikan zakat”. jelasnya.
Hasil pantauan padi lokasi demfarm padi berumur 25 HST pertumbuhan cukup baik dan tidak menunjukkan adanya serangan hama dan penyakit. Masyarakat sangat antusias dengan penerapan sistem tanam Legowo 2 : 1 dan 4 : 1 bahkan petani sekitarnya sudah mulai mengikuti sistem tanam terebut.

Kegiatan workshop yang dipadupadankan melalui Ceramah Ramadhan berlangsung di Masjid Jamik Syuhada Kec. Suka Makmue diikuti lebih dari 70 peserta yang terdiri dari Peneliti/Penyuluh, Kelompoktani, dan jamaah shalat tarawih. (Abda)

Sumber: Nad.litbang.deptan.go.id
YOU MIGHT ALSO LIKE

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright IKNR News 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.