Featured Video

News Update :
Home » » Khatib di Nagan Raya Meninggal saat Khutbah Jumat

Khatib di Nagan Raya Meninggal saat Khutbah Jumat

Wednesday, September 21, 2011 6:20 AM

Seorang khatib shalat Jumat di Nagan Raya, Drs Tgk Budiman (55), Jumat (16/9) sekitar pukul 13.00 WIB meninggal dunia saat berkhotbah di Masjid Al-Muttaqin, Desa Ie Beudoh, Kecamatan Seunagan Timur.

Ratusan jemaah yang sedang khusyuk mendengarkan khotbah Tgk Budiman kalang-kabut dan spontan berdiri begitu melihat sang khatib ambruk di atas mimbar dan tak lagi bergerak.

Belasan jemaah di saf terdepan langsung mendekat ke mimbar masjid untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada Tgk Budiman. Setelah diperiksa, ternyata denyut nadi pegawai honorer di Baitul Mal Nagan Raya itu sudah berhenti.

Jasadnya langsung dibawa dan disemayamkan ke dalam kamar imam/pengurus masjid. Meski sudah berada di masjid, namun seusai jemaah menunaikan shalat Jumat, mayat tersebut tidak langsung dishalatkan, karena belum dimandikan dan dikafankan.

Seusai shalat Jumat, barulah sejumlah jemaah dengan wajah berduka memboyong jenazah Tgk Budiman ke kediamannya. Namun, saat itu istrinya, Nilawati dan tiga orang anaknya, sedang berada di Aceh Utara.

Beberapa saksi mata yang ditemui Serambi kemarin menceritakan, sebelum ambruk di dalam mimbar, Tgk Budiman membahas tentang tiga alam yang dijalani oleh setiap manusia. Pertama, alam kandungan, kedua alam dunia fana, dan terakhir alam akhirat. Pas memasuki fase di antara dua khotbah dan sedang mengucap kalimat Lailaha illallah, tiba-tiba Tgk Budiman terjatuh.

Melihat kondisi khatib yang tidak sadarkan diri, seorang ulama lainnya bernama Tgk Balukia Wahyu melanjutkan hingga tuntas khotbah yang merupakan salah satu rukun shalat Jumat. Sedangkan imam shalat yang sejak awal ditunjuk, Tgk Arifin, langsung memimpin shalat Jumat hingga selesai.

Setelah itu barulah jenazah Tgk Budiman dibawa beberapa jemaah ke kediamannya. “Kami sangat berduka atas peristiwa ini, namun kami harus sabar menghadapinya, karena ini merupakan ketentuan Allah atas diri Teungku Budiman,” kata Agus, pemuda Desa Ie Beudoh, Kecamatan Seunagan Timur, kepada Serambi kemarin.

Menurut Agus, Tgk Budiman dikebumikan di perkuburan Desa Ie Beudoh. Ratusan warga menghadiri pemakamannya. Sebagian besar adalah jemaah shalat Jumat tadinya. Sekdes Ie Beudoh, Kecamatan Seunagan Timur, Nagan Raya, Hanafiah yang ditanyai Serambi menyatakan, meninggalnya khatib di mimbar masjid tergolong langka. Tapi, itulah suratan Allah terhadap Tgk Budiman di akhir hayatnya. “Kami kaget, karena sebelumnya almarhum tidak mengeluh sakit dan memang terlihat sehat dan bugar saat naik mimbar,” kata Sekdes Hanafiah.

Sumber: Serambi Indonesia
YOU MIGHT ALSO LIKE

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright IKNR News 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.