Featured Video

News Update :
Home » » Petani Kakao Gagal Panen

Petani Kakao Gagal Panen

Thursday, September 1, 2011 12:57 AM

Aceh : Petani kakao di kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya (Aceh) gagal panen akibat hama. Karenanya petani meminta pemerintah ikut membasmi hama tersebut.

Hal itu dikatakan Zubaidah (35), seorang petani kakao di Gampong (Desa) Drien Tujoh Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya, kemarin.
Menurutnya selain membuat buah muda busuk, hama itu juga mengakibatkan pohon kakao mati. “Sudah ratusan hektar tanaman kakoa mati, hama itu mulai terjangkit sejak dua tahun lalu,” kata Zubaidah.

Hama sejenis ulat itu seperti memberi obat-obatan, insektisida, menebangan dan membakar pohon yang terjangkit penyakit itu.
Para petani di pedalaman Kabupaten Nagan Raya mengaku belum ada upaya yang dilakukan pihak terkait untuk membantu para petani membasmi hama tersebut.

Ia menjelaskan, tanda-tanda buah kakao yang diserang hama itu menjadi berwarna kuning bercampur hijau atau kuning dan jingga dan terdapat lubang kecil yang diduga menjadi tempat keluar serangga.

Ketika buah dibelah biji-bijinya saling melekat dan berwarna kehitaman, biji juga tidak berkembang dan ukurannya menjadi lebih kecil. Selain itu, banyak juga buah kakao muda menjadi kering dan mati, berbercak coklat kehitaman. “Biasanya buah membusuk dari ujung atau pangkal buah,” katanya. (zaenal abidin)

Sumber: Citra Indonesia
YOU MIGHT ALSO LIKE

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright IKNR News 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.