Featured Video

News Update :
Home » » Produksi Padi Nagan 7,1 Ton Per Hektare

Produksi Padi Nagan 7,1 Ton Per Hektare

Thursday, September 1, 2011 1:05 AM

JEURAM – Produksi beras petani di Kabupaten Nagan Raya dalam tahun 2011 ini mencapai 7,1 ton per hektare. Hasil itu jauh lebih meningkat dibandingkan tahun 2010 yang memproduksi beras sebesar 5,7 ton.





Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Nagan Raya, Ali Basyah SP, Sabtu (21/5/2011), mengatakan tingginya angka produksi padi petani di wilayah itu dikarenakan selama ini penanaman padi yang dilakukan menggunakan benih Hibrida Intensifikasi Sistem Jurong Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT).

Menurutnya, dengan penerapan pola penanaman seperti itu, mampu meningkatkan hasil produksi padi mencapai 7,1 ton per hektare dalam tahun 2011. sedangkan untuk total produksi gabah dalam tahun 2011, kata Ali Basyah mencapai 206.138 ton. Dan bila dikurangi dengan konsumsi masyarakat sebanyak 147 ribu jiwa dengan 150 kilogram beras per tahun, maka jumlah gabah kering mencapai 34.178 ton. “Pola penanaman ini terus kita pertahankan, sehingga diharapkan kedepan mampu terus meningkatkan hasil produksi padi di kalangan petani,” katanya.

Bupati Nagan Raya Drs HT Zulkarnaini, saat menghadiri panen perdana padi Hibrida Intensifikasi, mengatakan, pola penanaman SL-PTT itu diharapkan terus dikembangkan, karena pola itu mampu membebaskan padi yang diproduksi menggunakan pestisida. Disisi lain ia juga berharap dengan pola penanaman itu hasil pertanian setempat mampu terus dijual ke sejumlah kabupaten/kota di pantai barat selatan Aceh, sekaligus menjadi kawasan lumbung padi terbesar di wilayah itu.
Sumber: SerambiNews.com
YOU MIGHT ALSO LIKE

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright IKNR News 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.