Featured Video

News Update :
Home » » RSUD Nagan Raya Krisis Dana

RSUD Nagan Raya Krisis Dana

Wednesday, September 21, 2011 6:32 AM

Menyusul belum cairnya klaim dana Jamkesmas tahun 2011 sebesar Rp 1,6 miliar dari Pemerintah Pusat, serta klaim dana Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) selama empat bulan sekitar Rp 600 juta dari Pemerintah Aceh, manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nagan Raya mengaku mulai kesulitan mengatasi biaya operasional.

Apalagi seluruh dana operasional sebesar Rp 3 miliar yang dialokasikan APBK Nagan Raya tahun ini telah digunakan untuk membayar utang tahun 2010, ditambah jumlah pasien semakin bertambah, menyababkan rumah sakit itu tak lagi mempunyai dana membeli alat-alat habis pakai, seperti makanan pasien, serta berbagai kebutuhan administrasi lainnya.

“Akibat tak mampu membayar semua kebutuhan rumah sakit dan banyaknya pasien yang berobat, kami terpaksa berutang kepada pihak ketiga untuk tetap menjalankan operasional lembaga ini,” kata Kepala Bidang Penunjang Kesehatan pada RSUD Nagan Raya, Sariaman kepada Serambi, Sabtu (17/9).

Ia menyebutkan, hingga akhir Agustus 2011 lalu jumlah tunggakan utang kepada pihak ketiga sudah mencapai Rp 480 juta. Menurutnya, selain harus menutupi utang tahun lalu sekitar Rp 3 miliar, tahun ini pihak RSUD Nagan Raya kini juga dihadapkan pada persoalan keuangan lain. Pasalnya, klaim dana Jamkesmas selama delapan bulan sejak Januari hingga Agustus 2011 berjumlah Rp 1,6 miliar, dan dana Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) empat bulan sejak April hingga Agustus 2011 berjumlah sekitar 600 juta belum dibayarkan oleh pihak terkait.

“Inilah yang membuat pihak rumah sakit kalang-kabut dengan persoalan keuangan, meski kami telah berupaya untuk mengambil kebijakan dengan cara berutang, namun tunggakan yang ada terus bertambah dan sejauh ini belum diketahui dana darimana untuk digunakan membayar utang yang semakin menumpuk,” kata Sariaman.

Sumber: Serambi Indonesia
YOU MIGHT ALSO LIKE

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright IKNR News 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.